Wednesday, August 17, 2016

Do An Vietnamese Restaurant (Mall Kelapa Gading)

Makanan jepang ? Yakiniku, tempura, okonimiyaki, sushi,dll. Makanan Thailand ? pad thai, tom yum soup, pandan chicken, thai green curry, dll. Makanan Korea ? bibimbap, kimchi, teokbokki,dll. Sekarang bagaimana dengan makanan khas Vietnam ? Iya, Vietnam ? Bagi beberapa orang mungkin tidak ada bayangan seperti apa makanan khas Vietnam, tetapi bagi sebagian orang mungkin akan menjawab pho noodle, atau bahasa sederhananya mie kuah khas vietnam. Selain pho ? Kira-kira apa lagi ya makanan khas vietnam ? Buat yang penasaran kalian bisa datang ke Do An Vietnamese Restaurant.

Do An hadir di Jakarta dengan konsep makanan yang baru yaitu makanan khas Vietnam. Memang terasa agak out of the box karena menurut saya, Vietnam bukanlah tipe negara yang "outstanding" dari sisi gaya hidup dan kebudayaan, lain hal nya dengan negara asia lain nya seperti Korea dan Jepang. Namun, Terlepas dari hal itu, saya yakin kalau Do An hadir justru untuk memperkenalkan kebudayaan itu dan mereka memilih untuk memperkenalkan budaya Vietnam lewat makanan. Saya yakin kalau Do An percaya bahwa sekecil apapun negaranya pasti ada satu niali yang autentik yang bisa kita pelajari dari situm entah dari budaya kuliner, gaya hidup, dll. Do An memiliki arti yang mengacu pada kata "makan" (menggunakan translator di google). Tag line dari restoran ini adalah "Vietnamese Experience". Entah mengapa tag line tersebut terdegar seperti ajakan untuk kita sama belajar tentang budaya kuliner khas Vietnam. 





Kali ini saya akan berbagi pengalaman kuliner saya saat makan di Do An. Ada beberapa menu yang saya coba, diantaranya Vietnamese Style BBQ Chicken, Bo Bun Hue, Vietnamase salad with BBQ beef, dan Vietnamese Spring Roll.


Menu pertama adalah Vietnamese Style BBQ Chicken. Sepintas saya melihat makanan ini sangat straight forward. Ayam panggang, nasi, salad, dan sauce, keempat item ituah yang saya lihat diatas piring. Saya suka sekali dengan konsep maknaan yang seperti ini karena saya bisa tahu makanan apa saja yang akan saya makan, semuanya terlihat jelas. 

Ayam panggang adalah makanan pertama yang saya cicipi karena saya penasaran dengan rasanya. Setelah saya cicipi, rasanya enak sekali. Jujur, saya belum pernah mencoba ayam bakar yang rasanya seperti ini, rasanya sangat baru sekali untuk lidah saya dan saya suka. Rasa ayam bakarnya  memiliki rasa bumbu yang kuat dan didominasi oleh rasa asin, manis dan gurih. Selain itu, saya juga merasakan ada wangi dari herbs yang digunakan dalam bumbunya. Bila ayam dimakana bersamaan dengan salad, dan nasi. ketiga hal tersebut salaing mem balance satu sama lain. rasa salad yang cendrung sedikit asam akan mem balance  rasa gurih dari ayam dan nasi akan mem  balance rasa asin dari ayam.



Menu kedua adalah Bun Bo Hue. Sepintas menu ini mirip sekali dengan pho, tetapi bedanya kuahnya lebih gelap dan sedikit lebih pedas. Sepintas menu ini terlihat sangat sederhana, hanya mie (sejenis kuetiau tetapi tidak kenyal), daging, sayur, dan kuah. Saya awali dengan mencicipi kuah dari makanan ini. Rasanya menurut saya enak sekali rich beef stock, wanginya cukup khas menurut saya, dan tektur kuahnya light. sehingga kita cendrung untuk menghirupnya lagi, lagi, dan lagi. Saat dimakan bersamaan dengan mie, daging dan sayuran yang ada didalam nya, wow, rasanya nikmat sekali, ada berbagai macam rasa makanan dimulut kita dan semuanya dibungkus menjadi satu dengan kuahnya ditambah dengan sedikit rasa pedas yang tentunya menambah selera makan kita.


Menu ketiga adalah Salad khas vietnam dengan daging panggang. Sama seperti menu sebelumnya, menu ini terlihat sangat sederhana, yaitu parutan kasar sayuran, dressing, dan daging.  dari segi rasa, salad ini dapat dikatan memiliki rasa yang cukup kuat yang didominasi rasa asam dan manis. Satu hal yang saya suka dari salad ini adalah rasa asam, dan manis nya sangat seimbang. Beberapa bahan yang menurut saya unik yang ada disalad ini adalah pepaya muda dan daun mint. Kedua bahan ini mungkin terdengar asing namun setelah saya coba lewat menu ini ternyata rasanya enak sekali, khususnya  rasa dunt mint yang menurut saya menambah depth of flavour  dari menu ini. Sedikit masuk, rasa daging panggangnya enak sekali. Rasanya mirip dengan dressing nya tetapi teksturnya agak keras da alot, mungkin karena potongan dagingnya tipis dan di masak terlalu lama. 



Menu terakhir adalah Vietnamese spring roll. Sama seperti menu sebelumnya, menu ini terlihat sangat fresh dan sederhana, yaitu bihun, ayam, udang dan sayuran yang dibungkus dengan kulit spring roll. Dari segi rasa, menu ini memiliki rasa yang sangat sederhana dan saya cendrung leih banyak merasakan tekstru dari ayam, udang, sayur, bihun, dan semuanya dibungkus dengan rasa saus asam manis. Menurut saya menu ini cocok sekali sebagai makanan pembuka karena tidak terlalu berat. 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Harga : 200.000  untuk 2 -3 orang

Lokasi : Do An (Mall kelapa gading 3)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti biasa guys, karena tulisan ini adalah sepenuhnya opini saya pribadi maka dengan ini saya menyatakan


"Kalau setuju silahkan, 
kalau kurang setuju monggo diberi masukan"


Guys, Follow Our Social Media and blog , for recent update :







2 comments:

  1. Menu makanan Asia Tenggara yang aku tau baru dari Malaysia dan Thailand aja. Setelah baca ini jadi nambah tau kalau kuliner dari Vietnam pun ga kalah tasty dan menggodanya buat dicicipi.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Efi. Iya, betul bgt efi, ternyata makanan khas vietnam gak kalah enak sama makanan yang mungkin sudah lebih dulu terkenal di Indonesia seperti malaysia dan thailand. Efi hrs mampir ke Do An kl gt, rekomended bgt..

      Delete